Rabu, 13 November 2013

KAMMI KOMISARIAT AMUNTAI AGENDAKAN GERAKAN BERBAGI DI BULAN MUHARRAM



Amuntai, 13/11/2013- Di bawah terik matahari yang cukup menyengat, tampak beberapa muda- mudi yang tergabung dalam sebuah organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Amuntai berdiri tegap di masing masing penjuru simpang empat lampu merah Paliwara. Ditangan mereka, masing- masing memegang erat sebuah kardus yang digunakan sebagai sarana untuk mengetuk jiwa sosial para pengguna jalan untuk sekedar menyisihkan rejeki mereka hari itu. Ya, siang itu, mereka melakukan aksi sosial penggalangan dana untuk membantu kehidupan para anak yatim, piatu dan kurang mampu. Mereka merasa terpanggil melakukan aksi ini karena prihatin melihat kehidupan anak- anak yang tak cukup layak dan beruntung.
Aksi yang mengusung tema “Aksi Penggalangan Dana, KAMMI Peduli Anak Yatim dan Kurang Mampu- Gerakan Berbagi di Bulan Muharram” itu, merupakan sebuah program kerja Departemen Ekososmas (Ekonomi, Sosial Kemasyarakatan, Red.) yang dikepalai oleh Rela Hasiwita. Menurutnya, aksi tersebut merupakan program yang dilaksanakan sebagai bentuk peringatan 10 Muharram 1435 H. Aksi yang diikuti oleh 9 orang kader terdiri dari 8 orang akhwat dan 1 orang ikhwan ini lebih difokuskan di simpang empat lampu merah jembatan Paliwara, Amuntai.
Aksi yang dimulai dari pukul 14.30 itu dihentikan saat adzan sholat ashar berkumandang sekitar pukul 15.30. Setelah diakumulasikan, dari aksi penggalangan dana selama satu jam tersebut terkumpul sumbangan sebesar Rp. 638.000,00. Total keseluruhan itu kemudian nantinya akan disalurkan ke Panti asuhan As Salam, Telaga Hanyar pada hari selanjutnya (Kamis, Red).


Bagi Ketua Umum KAMMI Komisariat Amuntai, Maimunah, Aksi ini sangat luar biasa sekali. Menurutnya, walaupun hanya sedikit kader yang bisa ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut, namun hasil yang diperoleh bahkan sudah melebihi apa yang ditargetkan yakni mengumpulkan setidaknya Rp. 500.000,00. Semoga saja selanjutnya, kader yang lain bisa hadir semua agar lebih maksimal lagi, katanya.
Dalam hal ini, Maimunah juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap antusias warga Amuntai yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk berbagi dengan para anak yatim, piatu dan kurang mampu. Antusias mereka sangat tinggi, bayangkan saja hanya satu jam aksi penggalangan dana, sudah banyak uang yang terkumpul, tuturnya lagi. Tak lupa pula, dia berharap semoga KAMMI Komisariat Amuntai akan terus istiqomah dalam berkarya kedepannya.
Sementara itu, menurut Sekretaris Umum KAMMI Komisariat Amuntai, Firmanullah, S.Pd.I, Aksi ini merupakan kegiatan yang positif sekali untuk mentarbiyah diri agar lebih peka dan berempati terhadap kesusahan dan masalah- masalah sosial yang ada dimasyarakat. Melalui aksi penggalangan dana ini mampu menjembatani mereka yang memiliki kelebihan harta untuk berbagi dengan para dhuafa.
Di sisi yang lain, Firman juga mencermati bahwa aksi ini telah dilaksanakan pada momentum yang sangat tepat, dimana pada tanggal 9 dan 10 muharram itu banyak sekali orang- orang yang berpuasa sunah, menurutnya, semua kebaikan yang dilakukan pada saat berpuasa akan memperoleh ganjaran yang berlipat ganda tak terkecuali bersedekah. Maka beruntung sekali mereka yang bersedekah sedang mereka juga berpuasa.
Terakhir, Firman juga berharap semoga saja kegiatan seperti ini akan terus diagendakan dan lebih diintensifkan lagi kedepannya dan semoga KAMMI Komisariat Amuntai akan selalu memberi kemanfaatan bagi semua pihak. (Abi Aufaa)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar